Text prosedur otomotif

Nama: ANDRIANA
Kelas : XI TBSM 2 

    CARA MENGGANTI BUSI MOTOR

TUJUAN:

Busi adalah komponen motor yang berfungsi untuk menghantarkan pengapian bahan bakar ke dalam mesin.

 LANGKAH-LANGKAH:
 
  Langkah 1:

Usahakan mesin sepeda motor sudah dalam keadaan cukup dingin. Siapkan kunci busi yang sesuai spesifikasi motor anda dan usahakan ukurannya cukup panjang, jangan gunakan kunci pas karena bisa merusak rumah busi. Obeng diperlukan untuk membantu menahan busi saat diputar.

 Langkah 2:

Posisikan kunci busi tepat pada komponen busi, lalu masukkan obeng di antara lubang kunci busi. Kemudian putarlah busi ke arah yang berlawanan dengan jarum jam untuk melepasnya. Bila putaran terasa berat, anda bisa memutar busi tersebut secara pelahan terlebih dulu supaya tidak slek.

 Langkah 3:

Periksa busi yang terlepas tadi dengan cermat untuk memastikannya masih layak pakai atau sudah rusak. Tanda busi yang aus adalah ujung busi tersebut berwarna hitam pekat atau terdapat karat di permukaannya. Busi yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki, melainkan wajib diganti dengan busi yang baru.

 Langkah 4:

Untuk memasang kembali busi sepeda motor anda, caranya bersihkan terlebih dulu busi tersebut agar kondisinya benar-benar kering. Berikutnya, pasang busi ini ke dalam rumah busi dan putar searah jarum untuk menempelkannya. Supaya busi semakin merekat kuat, anda bisa mengencangkannya dengan memakai bantuan kunci busi dan obeng.

 Langkah 5:

Cek sekali lagi pemasangan busi sepeda motor yang anda kerjakan. Setelah semuanya beres, silahkan diujicoba dengan melakukan kick starter sebanyak 3-5 kali ketika sepeda motor dalam posisi off. Terakhir, putar kunci motor untuk menyalakannya dan lakukan kick starter untuk menghidupkan mesin.
Demikianlah cara mengganti busi

 BAHAN ALAT:

 1.Obeng+
 2.Kunci busi
 
 PENUTUP:

Setiap sebulan sekali lakukanlah pengecekan busi sepeda motor. 

 CIRI KEBAHASAAN:

 1.Konjungsi
    Menghidupkan
 2.Imperatif
     Memasukan
 
     

 

Contact Form

Name

Email *

Message *