Teks prosedur

Nama : Rifky Nugraha
Kelas  : XI TBSM 2

TEKS PROSEDUR

Cara mengganti air aki 

TUJUAN :

air aki zuur dipakai untuk pengisian pertama. Hal ini, karena air sir mengandung asam sulfat (H2S04). Karena mengandung asam sulfat di air aki ini, maka air aki yang berwarna merah ini sifatnya keras dan mengandung elektrolit, yaitu zat yang dapat menyimpan dan mneghantarkan listrik.


LANGKAH LANGKAH :

Langkah 1: 


Untuk langkah yang pertama yang harus dilakukan dengan melihat dulu motor yang kamu gunakan sekarang juga, selesai dengan yang kamu pakai obeng (+) atau obeng (-) untuk dibuka aki motor. Pada umumnya untuk motor matic, sport dan sebagian motor matic yang perlu dibuka terlebih dahulu bagian tubuh, pada contoh kali ini menggunakan motor matic.

Pada motor matic untuk membuat sendiri sangat mudah bagi Anda untuk tinggal jok saja dan aki motor sudah langsung kelihatan. Kalian bisa melihat dan mengecek langsung kondisi air akinya jika ketinggian air aki bawah atau sudah di atas garis lebih rendah maka kalian harus menambahkan airnya. Jika perlu kamu bisa lepas terminal kedua akinya menggunakan obeng (+).

Langkah 2 :

Setelah aki terlepas dari motor kamu bisa membuka tutup aki yang disediakan pada atap aki dengan menggunakan obeng (-), jika sudah terbuka kalian bisa membuang cairan aki yang lama dengan cara beliikkan aki. Atau kamu menambahkan langsung tanpa membuang air yang lama, jangan membuang cairan aki di sembarang tempat, buanglah di tempat yang aman karena cairan aki dibuang berbahaya.

Langkah 3 :

Setelah kamu dapat mengisi aki dengan cairan aki "accu zuur yang bisa kalian beli di bengkel motor terdekat" kalian bisa tuangkan aki sampai batas garis atas, jangan berlebihan. Jika berlebihan maka akan dapat menyebabkan air aki menguap dan umum jika hal ini terjadi akan tumpah dan tumpahan ini akan keluar melalui lubang hawa di aki dan yang perlu kalian ketahui bahwa air aki bisa memperbaikinya dan bisa membuatkannya pada rangka motor kamu, sangat di sayangkan bukan.

Langkah 4 :

Akan tetapi, jika keadaan aki masih dalam kondisi yang bagus, maka kamu cukup dengan cara mengisi udara aki saja, tidak perlu repot-repot untuk menambah memetik, karena nanti akan terisi kembali setrumnya saat aki motor di gunakan.

Langkah 5 : 

Untuk langkah yang terakhir kalian dapat memasang kembali ke tempat semula yang kalian buka dari motor ini. Dan jangan lupa untuk memasang kabel positif dan negatif agar dapat digunakan lagi

BAHAN ALAT :

1. Obeng +
2. Obeng -
3. Air aki 

PENUTUP : 

Jangan lupa untuk memasang pasang kabel positif dan negatif agar bisa digunakan lagi

CIRI KEBAHASAAN :

1. Konjungsi
     Menghidupkan
2. Inferatif
     Memasukan 
3. Verba aktif 
      
4. Keterangan
     









Contact Form

Name

Email *

Message *