Analisis cerpen sepotong senja untuk pacarku karya seno gumira ajidarma.

1. Tema
Sepotong senja untuk pacarku

2. Latar
Pantai
Supermarket
Sebuah gua
Rumah
Gorong-gorong

3. Alur atau plot
Alur dari cerita ini menggunakan alur maju karena jalan ceritanya berurutan dari awal hingga akhirTahapan nya yaitu : pengenalan tokoh – permasalahan mulai muncul – permasalahan atau konflikmemuncak – penyelesaian (penyelesaian msalah itu sendiri)

4. Penokohan
Aku sebagai seseorang yang memberikan sepotong senja untuk alina.
Alina : seorang wanita yang di cintai dan di sayangi oleh sosok aku.
Polisi : sebagai petugas pemerintah yang ingin menangkap aku karena mengambil senja.
Gelandangan : sebagai seorang anak kecil yang menyelamatkan tokoh aku dan seseorang yang baik hati.

5. Sudut pandang
Sudut pandang orang ketiga (karena cara penulis menyampaikan ceritanya dengan cara memposisikan dirinya di luar cerita).

6. Gaya bahasa
Bahasa indonesia  (gaya bahasa yang di gunakan cukup baik sehingga mudah di mengerti.

7. Amanat
Untuk mencapai suatu tujuan dan apa yang di inginkan maka kita harus memperjuangkannya dan berusaha keras agar mencapai titik tersebut.

8. Nama : Andre sukma priyatna
                Arohman nurohim
                M.fikri halka
    Kelas  : XII TKR 3

Contact Form

Name

Email *

Message *