Kenalpot racing/berisik



Melakukan penggantian kenalpot dengan tipe racing menjadi hal yang sering dilakukan para pemilik sepeda motor untuk mengubah tampilan tunggangan nya.
     Penggantian pipa peredam dengan racing juga ditunjukan untuk mendongkrak performa mesin setelah dilakukan pengubah spesifikasi.
     Tidak sedikit yang mengabaikan spek knalpot sehingga suara yang dihasilkan justru menimbulkan ketidak nyamanan bagi orang lain.
     Polisi berhak mengambil tindakan dan memberikan bukti pelanggaran (tilang) bagi pengendara yang menggunakan knalpot tidak setandar.
     Aturan kebisingan knalpot ini sebagaimana diatur dalam peraturan mentri negara lingkungan hidup nomer 7 tahun 2009, dalam aturan tingkatan kebisingan untuk motor :
80cc - 175cc = max 83 db (desibel/satuan keras suara)
Diatas 175cc = max 80 db (desibel/satuan keras suara)

     Menurut saya mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing memang bagus dan sesikit mengubah spek, namun menimbulkan ketidak nyamanan bagi lingkungan sekitar/orang lain, 
•Menyalahi aturan
•Penggunaan bensin menjadi boros
•Bisa terkena tilang
•Tidak aman dipakai untuk dijalan raya yg sering ada razia
•cocok untuk motor balap
•cocok untuk trail
•cocok untuk motor modifikasi 

     Selain menambah spek kecepatan, bensin juga menjadi lebih boros. Knalpot racing sangat cocok untuk motor² pembalap dan juga cocok untul pergi berkebun/kesawah.
     Motor modifikasi/montor kontes lebih banyak yang menggunakan knalpot racing karena mendukung penampilan pada motor.



Nama : Adittia Triatman
Kelas  : XII-TBSM 4

Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

Contact Form

Name

Email *

Message *