Di mana intensi belanja masyarakat Indonesia turun disebabkan oleh indeks rencana pembelian yang turun hingga 10,5 persen YoY. Selain itu, prioritas pengeluaran konsumen juga berubah, mereka lebih mementingkan pada kebutuhan pokok listrik dan obat dan vitamin serta paket dan pulsanya karena banyak digunakan untuk kegiatan online.
Lanjutnya, sisi barang konsumsi masyarakat juga menurun. Misalnya kegiatan makan di luar berkurang 84 persen, traveling menurun 80 persen yang terkait dengan pariwisata, dan akomodasi juga drop sangat jauh.
"Jadi ini menunjukkan pola konsumsi yang memang akhirnya menunjukkan bahwa masyarakat membatasi spending atau pengeluarannya. Tapi di lain pihak juga menunjukkan adanya penurunan pendapatan yang signifikan sehingga daya belinya turun," jelasnya.
Tambah Hariyadi, indeks kepercayaan konsumen juga menunjukkan drop yang cukup besar yakni menurun ke level 72,6 persen, karena present situation index turun tajam sementara expectation index relative stabil.
Nama : Linda Astuti
Kelas : XII AK 2
Link : https://youtu.be/NwI_3w3iDgg