Menyusun Neraca Lajur/ Kertas Kerja (Work Sheet)


   Neraca Lajur adalah bentuk beberapa kolom yang akan digunakan dalam proses penyesuaian dan penyusunan laporan keuangan. Neraca Lajur digunakan sebagai alat pembantu dalam menyusun laporan keuangan.

   Langkah menyusun Neraca Lajur :
1. Buat format Neraca Lajur
2. Isi kolom No. Akun dan Nama Akun serta saldo akunnya      yang tertera pada Neraca Saldo yang telah dibuat.
3. Isi kolom Jurnal Penyesuaian sesuai nominal yang ada di Jurnal Penyesuaian yang dibuat sebelumnya.
4. Mengisi kolom Neraca Saldo Setelah Disesuaikan. Cara mengisinya dengan menselisihkan antara kolom Neraca Saldo dengan Jurnal Penyesuaian. Jika pada kolom Neraca Saldo, saldo berada di debet dan pada Jurnal Penyesuaian saldo berada di kredit, maka akan mengurangi nominal dan hasilnya ditulis di akun Neraca Saldo Setelah Disesuaikan.
5. Mengisi kolom Neraca. Untuk mengisinya memindahkan akun yang ada di Neraca Saldo setelah Disesuaikan, diisi semua akun kecuali akun beban dan akun pendapatan.
6. Mengisi kolom Laporan Laba Rugi. Sama seperti mengisi Neraca, namun sebaliknya akun ini diisi dengan akun beban dan akun pendapatan.
7. Jumlahkan kolom - kolom laporan. Hitung laba (rugi) bersih dan dilengkapi Neraca Lajur. Jika total debet pada kolom Laba Rugi melebihi total kredit maka perusahaan mengalami rugi dan dimasukkan pada kolom kredit Laporan Laba Rugi dan kolom debet Neraca dan sebaliknya.


MEIDA LESTARI - XI AK 2

Dikirim dari telepon pintar vivo

Contact Form

Name

Email *

Message *